Lomba Kaligrafi Classmeeting MTs N 1 Wonosobo

Setelah Peserta didik menyelesaikan Penilaian Akhir Semester Gasal, dengan hasil yang memuaskan mereka membutuhkan refresing. Lalu, apa kegiatan peserta didik saat menunggu datangnya waktu penerimaan rapor?

Biasanya Madrasah mengadakan kegiatan classmeeting. Suatu kegiatan ekstrakurikuler berupa pertemuan siswa antar kelas dalam bentuk perlombaan ataupun pertandingan. Kegiatan kesiswaan ini dikelola oleh Pembina OSIS, dilaksanakan oleh anggota OSIS. Tentunya cukup menarik untuk diikuti oleh semua siswa di Madrasah tersebut.

Jenis kegiatan perlombaan atau pertandingan yang diadakan tergantung pada program yang telah disusun oleh OSIS Madrasah masing-masing. Inilah pentingnya OSIS menyusun program kegiatan classmeting sehingga berlangsung sesuai target yang ditetapkan.

Bentuk kegiatan dalam bidang keagamaan, misalnya; lomba Kaligrafi contohnya ini, ada lagi lomba baca Al Qur’an, baca puisi, nyanyi, dan lain sebagainya. Bidang olah raga umpamanya; volleyball, tenis meja, sepak takraw, dll.

Bentuk perlombaan yang cukup menarik diantaranya adalah; balap karung (pacu karung), membawa botol di kepala dan permainan tiup bola pingpong. Tentunya masih banyak bidang lain yang patut dipilih dan disesuaikan dengan kondisi sekolah.

Apa manfaatnya kegiatan classmeeting? Banyak sekali manfaatnya, antara lain:

1.Mengendorkan urat saraf

Penilaian Akhir semester akan menyedot banyak energi tubuh maupun otak. Saraf otak menjadi tegang sehingga perlu dikendorkan melalui kegiatan classmeeting yang murah lagi meriah. Dengan kegiatan classmeeting, saraf otak menjadi rileks kembali asal diikuti dengan baik.

2.Menyalurkan bakat dan minat siswa

Siswa akan memiliki bakat dan minat yang tidak sama satu sama lainnya. Siswa berbakat seni, budaya, olahraga, keagamaan dan lain sebagainya akan tersalurkan melalui kegiatan classmeeting di sekolah

3.Mempererat tali silaturrahmi siswa

Classmeeting mempertemukan semua siswa dalam suatu kegiatan yang berbentuk pertandingan dan perlombaan. Ajang ini akan memberi kesembatan kepada siswa untuk saling mengenal lebih dekat serta memelihara sikap sportifitas.

4.Mencari bibit prestasi dibidang ekstrakurikuler

Melalui kegiatan classmeeting dapat ditemukan siswa yang memiliki bakat dan minat menonjol dalam satu bidang kegiatan ekstrakurikuler. Bagi pengelola Madrasah, ajang classmeeting dapat dijadikan sebagai langkah untuk mencari siswa berprestasi di bidang kegiatan ekstrakurikuler.

5.Melatih mental bersaing yang sehat

Perlombaan serta pertandingan bernilai persaingan untuk memperoleh hasil terbaik. Siswa harus bersaing secara sehat dan sportif dalam meraih kemenangan atas siswa lain. Kalah atau menang persoalan biasa. Toh, dalam pertandingan atau perlombaan harus ada yang menang dan kalah. Ini harus dipahami oleh semua siswa.

Itulah manfaat kegiatan classmeeting di Madrasah. Namun demikian manfaat tersebut akan diperoleh apabila dilaksanakan dengan menerapkan prinsip murah meriah, penuh kegembiraan dan antusias serta kekeluargaan. Tentu saja, guru di sekolah berharap agar semua siswa di sekolah itu dapat mengikuti kegiatan klasmeting dengan baik.

Uncategorized