Pengalaman belajar dan Ujian PAT Online Siswa MTs Negeri Wonosobo

Pengalaman belajar dan Ujian PAT Online Siswa MTs Negeri Wonosobo




Pengalaman belajar dan Ujian PAT Online Siswa MTs Negeri Wonosobo

 

Penilaian Akhir Tahun (PAT) MTs N 1 Wonosobo yang berlangsung 4 – 9 Juni 2020 merupakan bentuk ujian yang pertama kali yang dialami oleh siswa kelas 7 dan 8. Pengalaman baru ini tentunya menyisakan banyak kisah saat melakukan ujian secara online dan mengerjakan di rumah masing-masing. Mengingat wabah virus Covid 19 masih mewabah di Wonosobo.

Belajar dan ujian secara online pastinya memiliki sisi positif dan negatifnya. Segi positifnya anak mendapat pengalaman model pembelajaran baru dan lebih mengenal sistim belajar menggunakan teknologi internet walau sederhana dan guru tidak repot mengkoreksi karena nilai sudah dapat langsung diketahui. Segi negatif kurangnya pengawasan ujian dari guru, dan jaringan internet yang kadang susah.

Seperti yang diungkapkan oleh Elma Widiyati dari kelas 7G mengerjakan soal PAT secara online merupakan tantangan baru dalam belajar lebih mengenal tentang teknolgi internet walau sederhana. Kendala yang di hadapi adalah jaringan internet yang kadang trouble, jelasnya saat di hubungi melalui whatsapp grup kelas.

Hal lain juga diungkapkan oleh Syamsul Ma’arif kelas 7A, dampak positif dari belajar dan  PAT online adalah siswa dapat belajar dengan mudah karena pembelajaran lebih praktis, belajar dapat dilakukan setiap waktu, adanya pembatasan waktu mengerjakan soal sehingga siswa dapat tepat waktu dalam mengerjakan, memberikan kesadaran kepada siswa dengan tugas yang harus dikerjakan, kerana tugas dan pembelajaran online semua tergantung kepada siswanya. Adapun dampak negatif terutama jaringan internet yang bias saja eror,  dan tidak adanya  pengawasan langsung dari guru.

Seperti itulah gambaran yang dialami siswa saat menjalani belajar dan ujian secara online di rumah masing-masing. Memang semuaitu tidak ada yang berjalan lurus, pasti ada kendala yang dialaminya. Kita sebagai pendidik dan pengelola ujian berusaha sebaik mungkin dalam melayani siswa untuk dapat belajar dan ujian di situasi saat ini.  Untuk itu demi kemajuan bersama kita ambil sisi positifnya untuk kemajuan pendidikan kita di madrasah ini.  Serta doa kita bersama semoga wabah Covid 19 ini cepat berlalu, sehingga belajar mengajar dapat dilakukan sebagaimana biasanya.

Kesiswaan