Usai Input Nilai ARD, Dewan Guru MTs N 1 Wonosobo Gelar Rapat Kenaikan Kelas

Usai Input Nilai ARD, Dewan Guru MTs N 1 Wonosobo Gelar Rapat Kenaikan Kelas

 




MTs N 1 Wonosobo mengadakan rapat kenaikan kelas bagi siswa kelas VII dan VIII kamis 18/6/2020. Rapat dilakukan setelah selesainya input nilai siswa oleh guru mata pelajaran ke dalam Aplikasi Rapor Digital (ARD). Rapat diadakan di Madrasah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagaimana sesuai peraturan pemerintah. Semua dewan guru wajib mengenakan masker, tempat duduk pun diatur jaraknya dan cuci tangan sebelum masuk ruang rapat.

Menurut Wakil Kepala Bidang Kurikulum Achmad Zudin, M.Pdi, rapat digelar sebagaimana agenda kurikulum setelah melakukan penilaian PAT (Penilaian Akhir Tahun) selama ini. Di mana membicarakan kenaikan kelas siswa setelah berakhirnya PAT genap secara daring beberapa waktu yang lalu. Serta dengan selesainya input nilai siswa oleh guru mata pelajaran. 

Lebih jauh Achmad Zudin,M.Pdi menyatakan rapat diikuti oleh hampir seluruh guru MTs N 1 Wonosobo. Di mana setiap guru sebelumnya telah menyelesaikan input nilai ARD. Rapat dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19, dan dilaksanakan dalam waktu relatif singkat. Untuk laporan hasil penilaian kepada wali murid tentang kenaikan kelas, dilakukan secara daring, melalui pemberitahuan whatsapp grup kelas di masing-masing  wali kelas VII dan VIII.

Dra. Hj. Ratna Ayu Kartika Wulan, MM.Pd, selaku Kepala MTs N 1 Wonosobo, juga menuturkan bahwa penyampaian hasil kenaikan kelas ke wali murid dilakukan secara daring. Hal itu mengingat untuk menghidari kerumuman masa, di mana wabah covid 19 masih menjadi ancaman di daerah wonosobo.  Selain itu, beliau secara langsung hadir dalam rapat tersebut dan memberi arahan pada guru dan wali kelas terkait kenaikan kelas siswa. 

“Melihat kondisi siswa masih belajar dan ujian dari rumah, namun proses evaluasi dan administrasi penilaian guru terhadap siswa tetap berjalan. Penilaian kepada siswa juga disesuaikan dengan situasi pandemic Covid 19 dan tentunya tidak merugikan siswa yang belajar dan ujian dari rumah. Rapat kenaikan kelas adalah bentuk nyata berlangsungnya proses evaluasi hasil belajar siswa,” jelasnya.

 

Kurikulum