Persiapan Pembelajaran Berbasis E-Learning di MTs N 1 Wonosobo

Persiapan Pembelajaran Berbasis E-Learning di MTs N 1 Wonosobo

 

MTs N 1 Wonosobo selenggarakan In House Training (IHT) Pembelajaran Berbasis E-Learning selama 4 hari,  mulai 7 – 10 Juli 2020. Di mana kegiatan itu terbagi 1 hari di laksanakan di aula MTs N 1 Wonosobo dan 3 hari lainya di lakukan di rumah masing-masing guru dengan panduan dari TIM IT di madrasah.

Kegiatan dibuka oleh Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Drs. Totok Jumantoro, M.Ag di damping kepala Madrasah Dra. Ratna Ayu Kartika Wulan, MM.Pd dan Wakil Kepala Bagian Kurikulum Achmad Zudin, M.Ag. Dalam sambutannya Totok Jumantoro mengajak agar guru selalu dapat meningkatkan keterampilannya dalam sistim pembelajaran terutama pembelajran dengan sistim E-Learning ini. Terlebih dalam situasi pandemik Covid-19 saat ini, di mana pembelajaran tidak dapat dilakukan secara manual untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Semoga kegiatan IHT Pembelajaran Berbasis E-Learning dapat membantu guru lebih mudah untuk melakukan proses belajar mengajar online atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), jelasnya.



Ratna Ayu Kartika Wulan, menambahkan, kita sebagai pendidik harus mampu memberikan pelayanan kepada siswa, untuk mendapatkan materi pembelajaran yang baik, terlebih di tengah pandemik saat ini. Pembelajaran Berbasis E-Learning ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Mengingat pembelajaran secara tatap muka langsung tidak memungkin untuk dilakukan. Kegiatan IHT Pembelajaran Berbasis E-Learning ini merupakan solusi yang tepat bagi guru-guru untuk dapat memberikan pembelajaran kepada siswa nantinya, imbuhnya.



Dalam waktu yang sama Achmad Zudin selaku Waka Kurikulum memaparkan, “di dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning ini nanti banyak fitur-fitur yang memudahkan guru untuk melakukan pembelajaran E-learning. Diantaranya Yaitu Kelas Online, berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor”.

Fitur Komunikasi yang memungkinkan guru dapat berbagi dengan guru lainnya untuk saling memberi masukkan. “Guru tinggal memposting informasi tersebut dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai postingan tersebut.



Selanjutnya, Forum Madrasah, siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi karena di dalamnya terdapat media untuk berkomunikasi antara guru serta siswa. Pengguna juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat”, terangnya.

 

 

Kurikulum